Baca Lagi – Sarapan adalah aktivitas penting bagi setiap orang untuk mengisi stamina guna melakukan aktivitas saat di siang hari supaya kondisi badan tetap sehat dan fit. Akan tetapi juga jangan salah, untuk makanan pagi tidak boleh sembarangan yang dikonsumsi, bahkan kalau melakukan kesalahan sarapan maka bisa seharian tidak aktivitas.

Sarapan pagi sangatlah penting dan kita pun sudah tau akan istilah ini. Dalam penelitian yang pernah dilakukan disebutkan bahwa mereka yang tidak sarapan pagi akan lebih "tulalit" dibandingkan mereka yang terbiasa dengan sarapan pagi, jadi ayo sahabat BP, jangan lewatkan sarapan pagi ya^^

Mungkin juga sahabat BP tau kalo gak boleh makan dessert atau makanan cemilan sebagai sarapan pagi, tapi mungkin yang gak pernah kita perhatikan adalah, makanan yang kita anggap sehat, cocok untuk sarapan pagi justru makanan itulah yang sangat berpotensi untuk "melukai" lambung kita!

1. Buah jeruk dan yang sejenisnya


Beberapa orang suka memakan anggur atau jeruk saat perut kosong di pagi hari, namun dari hasil penelitian disebutkan bahwa justru itu akan menyebabkan iritasi pada kerongkongan.

2. Pisang


Banyak orang terbiasa mengkonsumsi pisang sebagai makanan paginya, padahal itu akan meningkatkan kadar magnesium dalam tubuh dan dapat menyakiti jantung kita.

3. Yogurt


Sebenarnya makan yogurt di pagi hari bukanlah hal yang tidak baik, namun jika kamu memakannya dalam keadaan perut kosong, maka asam lambung yang keluar akan membunuh habis bakteri asam laktat yang terkandung dalam yogurt dan itu sama saja dengan kamu "tidak mengkonsumsi apa-apa".

4. Kue atau roti


Ragi yang terkandung dalam produk roti atau kue tertentu akan menyebabkan perut kembung!

5. Pir


Terkandung serat kasar dalam buah pir dan saat kamu mengkonsumsinya di pagi hari maka itu akan melukai lapisan mukosa pada lambung.

6. Minuman bersoda


Jika kamu terbiasa minum minuman bersoda di pagi hari, maka ini akan memperlambat sistem pencernaanmu.

7. Tomat


Hindari mengkonsumsi tomat di pagi hari, karena buah tomat kaya akan "tanin" yang akan membuat pH dalam perut kamu menjadi lebih asam terutama untuk sahabat BP yang memiliki sakit maag, bisa membuat kondisimu makin parah!

8. Timun


Sayuran memang bagus untuk tubuh kita, tapi jangan pernah memakan timun saat perut kosong, ini akan menyebabkan sakit perut atau perut kembung.


Terus pastinya sahabat BP jadi bingung kan ya. Kalo begitu, apa donk yang harus kita konsumsi di pagi hari? Ok, kita simak baik-baik ya, apa aja yang sehat untuk jadi sarapan pagi kita^^

1. Semangka


Jika kamu terbiasa makan buah di pagi hari, cobalah untuk memilih buah semangka, buah semangka mengandung banyak "uap air" yang akan menjaga kelembapan tubuhmu dan bahkan kandungan lycopene-nya dapat melindungi jantung dan matamu.

2. Telur ayam


Telur kaya akan protein dan telur mampu membuatmu merasa kenyang untuk jangka waktu beberapa jam ke depannya. Telur pun dapat membantumu mengurangi asupan kalori bagi tubuhmu.

3. Bubur jagung


Penelitian menunjukkan bahwa jika kamu makan bubur jagung tiap pagi akan membantu proses pengeluaran racun dan kandungan logam berat dalam tubuhmu dan juga akan membantu melindungi ususmu.

4. Soba (sejenis gandum)


Soba dapat merangsang sistem pencernaanmu, sangat cocok untuk menggantikan roti ataupun kue-kue yang mengandung ragi.

5. Oat (Cereal)


Oat mengandung banyak serat yang mudah larut yang akan menurunkan penyerapan kolesterol, di samping itu oat juga memiliki kandungan zat yang mampu membentuk lapisan pelindung untuk melindungi lambung kamu dari erosi asam lambung.

6. Gandum


Gandum ini akan membantu sistem pencernaanmu bekerja lebih baik lagi dan gandum memiliki kandungan vitamin E dan asam folat yaitu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, sekarang uda jelas kan, sahabat BP? Mulai sekarang ayuk, kita belajar hidup sehat!

Jangan lupa dishare ya... Supaya artikel ini bisa bermanfaat bagi lebih banyak lagi orang di luar sana.

Sumber: brightside