Baca Lagi – Buah jeruk memang memiliki manfaat cukup banyak, tidak hanya dalamnya saja yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat, akan tetapi kulitnya saja masih memiliki banyak manfaat baik yang mungkin masih belum diketahui banyak orang. Salah satu manfaatnya yakni diaplikasikan pada lemari es.

Dengan banyaknya makanan di lemari es memang membuat lemari es mudah bau, seringkali karena terlalu banyak sayur dan makanan mentah. Kadangkala, kita memasukan semua benda ke dalam kulkas dengan sembarangan dan tumpuk menumpuk, sampai akhirnya sulit untuk mempertahankan kebersihan kulkas. Hari ini BP mau berbagi cara supaya kulkasmu bisa selalu bersih kayak baru lagi.

Cara pembersihan kulkas:

1. Bersihkan rak dalam kulkas


Keluarkan semua bagian yang bisa dilepas, seperti laci dan rak. Isilah sebuah baskom dengan air hangat dan sabun cuci piring, untuk merendam bagian-bagian tersebut sebelum dilap dan dibilas.

Seka bagian dalam kulkas dengan lap yang telah dicelup dengan larutan cuka. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan bau di dalam kulkas.

2. Menghilangkan bau


Cobalah membungkus setiap rak dalam kulkas dengan plastik wrap, kamu bisa membuat kulkasmu selalu bersih. Walaupun telur pecah di dalam kulkas atau makanan tumpah, kamu bisa langsung membuka plastik wrap dan menggantinya dengan yang baru.


Dan jika kulkas terasa baru, Anda bisa meletakkan potongan kulit jeruk (usahakan jeruk yang untuk diperas) lalu letakkan pada mangkok. Taruh parutan kulit jeruk pada kulkas agar bau tak sedap menghilang.

3. Mencegah kebocoran kulkas


Bagaimana cara mengetahui kerapatan suatu kulkas dikatakan bocor atau tidak?  Caranya letakkan selembar kertas A4 di antara celah pintu kulkas. Tutup kulkas dan tarik kertas tersebut. Kertas seharusnya akan tertahan jika kulkas tertutup rapat. Jika kertas mudah ditarik, berarti tingkat kerapatan kulkasmu bermasalah dan bisa menimbulkan pemborosan energi pada kulkas.

4. Menghemat energi kulkas


Usahakan untuk tidak terlalu sering membuka dan menutup kulkas. Lampu yang menyala saat pintu dibuka akan menghabiskan energi. Jangan terlalu lama membuka pintu kulkas.

Cara yang kedua dengan membekukan semangkuk air di dalam freezer, lalu setelah membeku taruh mangkok es di dalam kulkas untuk membantu mendinginkan makanan yang ada.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kebersihan kulkas

1. Makanan disimpan di dalam kotak bekal


Buah dan sayur memang harus dijaga kebersihannya. Lebih baik kamu bungkus dengan plastik wrap kemudian kamu masukan lagi ke dalam kotak bekal penyimpanan.

2. Membungkus makanan dengan plastik


Membungkus makanan dengan plastik untuk disimpan di dalam lemari pendingin adalah ide yang baik. Fungsinya menahan udara yang masuk ke makanan. Terutama buah, Kandungan vitamin dan mineral di dalam buah dan sayur tetap berlimpah bila tempat penyimpanannya baik. Vitamin dan mineral akan hilang bila terkena udara, oksigen, dan panas.

3. Menyimpan daging yang masih mengandung banyak "organ dalam"


Daging yang masih mengandung jeroan seperti ayam, bebek atau ikan, perlu untuk dibersihkan semua organ dalamnya, supaya tidak mempengaruhi makanan lain karena organ dalam hewan mudah membusuk dan mengeluarkan bau.

4. Makanan yang bisa dimasukan freezer, masukan ke dalam freezer


Setiap bahan makanan yang hendak disimpan di dalam lemari es dipilih menurut jenis dan waktu pemakaiannya. Untuk makanan yang mau dikonsumsi lama sekali, sebaiknya masukkan ke dalam freezer karena di sini proses enzimatik makanan dihambat. Makanan yang mau ditaruh lebih lama, seperti daging, ikan atau udang, lebih baik dimasukkan ke dalam freezer.

5. Makanan mentah dan masak harus dipisah


Daging matang, sosis, ham yang sudah matang bisa kamu satukan dalam satu bungkusan dan ditaruh di bagian makanan matang, sedangkan daging mentah yang bisa mengeluarkan bau memang harus dipisahkan agar tidak mempengaruhi yang lainnya.

6. Membersihkan lemari es secara teratur


Kamu perlu untuk membersihkan lemari es secara rutin agar bau dalam lemari es jangan melekat di sana. Lemari es sebaiknya dibersihkan 3 sampai 6 bulan atau setidaknya empat kali dalam setahun. Membersihkan kulkas secara menyeluruh perlu dilakukan dengan cara mengeluarkan semua isi kulkas dan mematikan aliran listriknya termasuk dengan membuang semua makanan yang sudah kadaluwarsa serta membersihkan bagian luar kulkas.

Sumber: How